Kamis, 29 November 2018

Arduino Tutorial 002: Mengontrol Lampu, Kipas Angin, dan Berbagai Alat Listrik Menggunakan Arduino

Assalamu'alaikum temen-temen opreker, kita mulai lagi untuk belajar menggunakan arduino sebagai kontribusi kita untuk menyambut harteknas, kita mengembangkan teknologi untuk kehidupan kita.

Revolusi Industri 4.0 menuntut kita lebih kreatif dan inovatif di segala bidang, termasuk dalam hal teknologi. Artinya kita sebagai manusia yang berpendidikan harus ikut andil dalam mengembangkan teknologi dalam negeri.

Kali ini kita belajar mengontrol Lampu, Kipas Angin dan lain sebagainya menggunakan Arduino. Hal pertama yang kita butuhkan adalah, sedikit pengetahuan tentang listrik AC dan listrik DC.

Listrik DC adalah listrik yang keluar dari sumber baterai atau aki, yang artinya hanya ada min (-) atau ground dan plus (+), yang artinya arus listrik yang sudah di searahkan, sedangkan listrik AC adalah listrik yang kita dapat dari generator, seperti dinamo dan lain sebagainya, dalam hal ini kita mengontrol peralatan rumah tangga yang menggunakan listrik PLN yaitu AC 220 Volt.

Untuk mengontrol Listrik AC 220 Volt yang jelas berbeda jauh dengan tegangan kerja Arduino yaitu 5 Volt DC maka dibutuhkan modul tambahan, yaitu Relay. Agar lebih mudah dalam penggunaan relay untuk belajar, kita pakai saja modul relay yang sudah terjual bebas di pasaran.


Relay modul ini bisa didapatkan dengan harga murah, dengan bantuan alat ini kita sudah bisa mengontrol peralatan listrik sesuai keinginan kita. Berikut rangkaiannya :


Dalam rangkaian tersebut, kita pasangkan pin signal relay disambungkan ke pin digital 10. dan kabel listrik cukup potong salah satu kabel dan lewatkan seperti pada gambar pertama.

Pengontrolannya sangat sederhana, hanya memberikan login 0 atau 1 pada pin signalnya. contoh :
- digitalWrite(10, HIGH); // untuk mengaktifkan relay
- digitalWrite(10, LOW); // untuk menonaktifkan relay

Tidak perlu library tambahan untuk menggunakan modul ini.

dengan rangkaian tersebut kita sudah bisa mengontrol perangkat listrik untuk menyalakan dan mematikan, dalam contoh kali ini kita coba mengontrol lampu menggunakan komunikasi serial. Download source codenya di sini

Silahkan di buka dan di upload ke arduino, lakukan dengan hati-hati karena kita menyambungkan dengan listrik tegangan 220 Volt.

Salam oprek dari blajarbanyak.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon